Kamis, 20 Oktober 2016

Latihan Dasar Kepemimpinan dan Serah Terima Jabatan OSIS dan MPK SMAN 1 Maos periode 2016/2017



LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan dasar ini diberikan oleh pengurus OSIS MPK lama kepada calon pengurus OSIS MPK yang baru.
Sabtu dan minggu tepatnya tanggal 24 dan 25 september 2016 merupakan dua hari yang mengesankan bagi kami calon pengurus OSIS MPK periode 2016/2017 karena di hari tersebut kami melalui serangkaian acara latihan dasar kepemimpinan. Panitia LDK tersebut dari pengurus OSIS MPK dari kelas XII dan beserta LDK dari pengurus OSIS MPK baru yang terdiri dari kelas X dan XI yang berjumlah 77 anak.
Kegiatan yang di buka dengan apel pada pukul 07.00 itu di buka oleh bapak Asfanudin selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMA N 1 Maos. Dengan ditandai penyematan tanda peserta LDK. Selanjutnya kami dikumpulkan di ruang multimedia untuk menerima materi dan kegiatan yang dikemas khusus.
Setelah diberi materi beberapa pemateri juga memberikan suatu permasalahan untuk didiskusikan secara berkelompok menurut kelompok yang sudah ditentukan. Kegiatan yang diberikan bertujuan untuk membangun kekompakan dan kedekatan antar peserta, membentuk jiwa kepemimpinan dan karakter peserta LDK, serta kemampuan organisasi mereka.
Disela-sela materi saat makan siang kami berkumpul dengan masing-masing kelompok untuk makan siang dengan bekal yang sudah kami bawa dari rumah dengan ketentuan tidak boleh makan dari tangan sendiri dan harus habis. Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk mempererat rasa solidaritas antar peserta LDK.
              Hari kedua kami dibangunkan untuk melaksanakan sholat subuh, MCK, dan bergegas kumpul di lapangan depan dengan membawa alat untuk menanam serta tanaman cemara yang sudah kami bawa. Rupanya di depan sudah ada 2 truk untuk membawa kami menuju pantai Sodong, Adipala. Kami sangat antusias menaiki truk apalagi udara pagi yang masih sejuk. Setibanya disana kami langsung berbaris untuk menerima sarapan pagi yang disediakan panitia. Sungguh kebersamaan yang indah kami sarapan bersama di bawah pohon kelapa tepi pantai, melihat sunrise yang terlihat, dengan diiringi deburan ombak di laut sana. Setelah sarapan kami diberi intruksi untuk memunguti sampah anorganik yang berserakan disana. Untuk kegiatan selanjutnya yaitu Bakti Sosial berupa penanaman pohon cemara di pantai Sodong. Selanjutnya, kami diajak untuk games. Kegiatan selanjutnya setelah games adalah berfoto bersama untuk mengabadikan kebersamaan antar calon pengurus organisasi. Setelah berfoto bersama kami pun kembali ke sekolah dengan menaiki truk. Setelah sampai di sekolah kami di beri waktu untuk mandi dan bersih-bersih. Setelah selesai mandi dan bersih-bersih kami berkumpul ke lapangan untuk melaksanakan upacara penutupan dan melaksanakan latihan untuk upacara serah terima jabatan esok hari.


Serah Terima Jabatan

              Pelatikan dan Serah Terima Jabatan dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan upacara bendera pada hari senin 26 September 2016. Acara ini diawali dengan pembacaan Janji MPK dan OSIS SMA N 1 Maos masa jabatan 2016/2017 dialnjutkan pernyataan kesanggupan penguru OSIS dan MPK oleh kepala SMA N 1 Maos, untuk acara puncak, penandatanganan sebagai syarat dilantiknya OSIS dan MPK naskah sertijab oleh ketua OSIS masa bakti 2015/2016 Ofan Setya Rahayu, ketua OSIS baru Fajar Aji Riyanto, ketua MPK masa bakti 2015/2016 Ni Iluh Permata Ariase, ketua MPK baru Pristian Niko Dinda Pangestu, dan kepala SMA N 1 Maos Drs.Sumarsono. Acara selanjutnya adalah penggunaan jas oleh ketua OSIS MPK baru dan dilanjutkan dengan penyerahan bendera organisasi dari kepengurusan lama ke pengurus yang baru dan disambut dengan tepuk tangan riuh oleh seluruh warga sekolah. Maka dengan ini kepengurusan OSIS MPK telah resmi dipegang oleh kepengurusan baru. Dalam amanatnya bapak Sumarsono mengucapkan terima kasih kepada kepengurusan OSIS MPK periode 2015/2016 yang telah melaksanakan tugas dengan baik dengan rasa penuh tanggung jawab. Beliau juga berpesan kepada kepengurusan baru supaya dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan memiliki rasa solidaritas tinggi. Sehingga, dapat melanjutkan kepengurusan organisasi mnjadi lebih baik dan memajukan SMA N 1 Maos.











Created by Komisi II MPK Adhyasta BARAKUGA II


Kunjungi juga media sosial kami :
Youtube          : MPK SMA NEGERI 1 MAOS
Instagram        : @Mpksman1maos
Twiter             : @mpksman1maos
Email              : mpksman1maos@gmail.com
Blog               : mpksman1maos.blogspot.com
Facebook       : MPK Ad Barakuga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar